Home

Rabu, 10 April 2013

Ngechant itu bebas, asalkan….


Baru aja gw baca sebuah majalah yang nampilin interview Haruka dan Akicha, ada sebuah pernyataan mereka mengenai fanchant yang menarik buat gw. Kata mereka, “ada chant beberapa yg sebelumnya saya belun pernah denger di jepang sebelumnya”. Nah sebenernya chant yang bener itu seperti apa sih??.
Fanchant itu sebenernya merupakan bentuk dukungan fans kepada idolanya dengan meneriak kan kata-kata yang disusun menjadi sebuah mix. Ada beberapa mix yang biasa di pake di jepang sono, diantaranya:
The Standart Mix, semua pasti udah pernah tau kan chant yang ini, “Aaaaaa~ Yossha Ikuzo!(Here we Go!) Taiga, Faiya Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jyaa jyaa…” nah biasanya mix ini digunakan di awal lagu.
The Japananese Mix, nah yang perlu di perhatiin di sini, di awal chant udah bukan lagi pake Aaaaaa~ Yossha Ikuzo tapi kita teriakkan Mou Iccho Ikuzo!(Lets Do One More Time!) baru deh Tora, Hii, Jinzou, Seni, Ama, Shindou, Kazen tobi jokyo!. Nah kenapa kita pake Mou Iccho Ikuzo!, karena chant ini biasanya berada di urutan kedua setelah chant Standart Mix tadi.
The Ainu Mix, untuk mix chant yang satu ini kita tetep pake Aaaaa~ Mou Iccho Ikuzo! baru di ikutin dengan Cape, Ape, Kara, Kira, Rara, Tusuke, Myohontusuke!
Nah itu dia tadi 3 mix fanchant standar yang biasa di teriakkan pada saat kita nonton perform. Sebenernya masih banyak lagi kreasi mix fanchant  yang ada mengingat chant merupakan suatu bentuk kebebasan, contohnya “Obagei Chant” yang kek gini nih… J sama K sama T sama…, Atau fanchant yang akrab atau sering kita dengerin di theater seperti “Urya oi…Urya oi…”.
Nah terus kita musti pake yang mana donk?? Jadi ga ada aturan khusus sebenernya buat lo smua buat ngechant, mo pake mix jepang kek, mo pake Urya oi kek, mo Obagei, bahkan mo Lalala Yeyeye~ itu smua bebas. Tapi alangkah lebih baik kalo kita bisa kompak dan seragam pada waktu ngechant, jadi kesannya ga saut-sautan dan asal teriak. Idol pun akan lebih bersemangat seandainya mereka mendengarkan fans nya kompak dan satu suara pada saat ngechant.
Tapi wo, gw udah ngikutin chant yang standar tapi masih banyak fans yang ngechant asal-asalan… Nah kalo ada kejadian kek gitu, sikap kita yang penting tetap aja ngikutin chant yang mayoritas, toh juga nanti lama-lama chant yang beda itu ketutup ama suara mayoritas, dan bukan ga mungkin akhirnya dia bisa ikut juga buat ngechant secara bersama-sama.
Nah itu tadi sekedar opini dari gw masalah ribut-ribut soal fanchant. Satu pesen gw tuh, emang buat ngikutin yang baik susah, tapi coba deh kita mulai dari diri kita sendiri, nanti juga orang lain bakalan sadar dan ngikutin apa yang udah kita lakukan. Bebas bukan berarti asal-asalan kan, biasakan bebas tapi tetap tertib dan teratur.
Buat yang mau tau lebih jauh soal gimana ngechant bisa dilirik nih di blognya melos no michi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar