Home

Rabu, 10 April 2013

Fans! Kritik Bukan Haters!


Fans dan idolanya merupakan bagian yang gak bisa di pisahkan, kesuksesan seorang Idola, gak lepas dari dukungan setia dari para fans mereka. Namun kebanyakan dari fans JKT48 lebih sering mengelu-elukan idolanya. Mereka selalu membicarakan tentang sesuatu yang positif JKT48 dan memberikan pujian. Di sisi yang lain jarang sekali ada fans yang membicarakan sisi negatif dari JKT48. Mungkin ada, tapi tidak banyak. Mungkin sebagian fans memiliki ketakukan apabila mereka menyinggung hal negatif tentang Idol mereka, akan langsung timbul pertanyaan, “Lu itu fans JKT48 atau haters?”. Dan pertanyaan seperti itu yang sering menjadi awal dari perpecahan antara fans.
Lalu kenapa fans yang kritis selalu dibenci dan sering dijauhi? Itu karena mereka berbicara soal kekurangan dari JKT48, maka fans (yang hanya mau tahu kelebihan saja) marah dan menyebabkan perpecahan. Sudah pasti fans yang marah itu lebih banyak dari pada mereka (fans yang kritis). Sebenarnya fans (yang marah) itu juga harus sadar, bahwa selalu ada hitam dan putih, selalu ada kekurangan di balik kelebihan. Apa sudah pasti idola kita tidak mempunyai kekurangan sama sekali? Coba kalian pikirkan, apa kekurangan dari JKT48. Bila di asumsi dan persepsi kalian tidak ada kekuarangan dari mereka, maka kalian pun sama saja. Kalian hanya bisa melihat kelebihan dari JKT48, tapi tidak bisa melihat kekurangan mereka.
Ada saat dimana kita sebagai fans wajib mengkritik bagaimana seharusnya idola kita, apa yang mungkin masih kurang dari mereka, dan mencoba untuk memberikan solusi, apabila itu dirasa perlu. Jangan hanya berkata “Kalian perform bagus banget!”, “Kalian hari ini cantik-cantik banget!”, atau semacamnya seperti itu. Kita bisa mencari kekurangan mereka, tapi hal ini bukan untuk menjatuhkan JKT48, ini dilakukan untuk membangun dan membuat mereka lebih baik lagi. Gw sadar ga ada sesuatu yang sempurna, tapi jika niat kita memang untuk menjadikan mereka lebih baik, alangkah baik nya untuk di ungkapkan.
Kritikan kita mungkin bisa disampaikan saat hi-touch, walau terbatas waktu, katakan saja apa kekurangan member, mereka pasti akan introspeksi hal itu. Atau apabila ada event lain yang mengizinkan fans untuk berbicara langsung dengan idolanya, katakan kritikan kalian (yang membangun). Atau mungkin bisa kalian utarakan melalui sosial media seperti twitter, atau G+ member. Tapi jangan terlalu sering melakukan hal ini, karena ada kemungkinan member akan down mendengar kritikan kalian yang terlalu sering. Misalkan hari ini kalian melakukan kritikan kepada member, dan besoknya saat theater apa yang kalian kritik itu sudah terjawab dengan hal yang lebih baik, maka itu sudah berhenti. Kalian bisa mengamati hal yang lainnya lagi.
Mungkin tidak semua fans mau melakukan hal ini karena takut ada haters atau fans dari idola lain yang tahu dan menyebarkan kelemahan JKT48. Tapi kita tidak perlu memikirkan hal itu. Karena bila kita melakukan kritikan ini, haters tahu, dan ketika mereka melihat JKT48 ternyata sudah tidak tidak seperti itu lagi, mereka sendiri yang akan merasa malu. So, sekali lagi jangan hanya menilai hal yang baik dari JKT48 (member maupun JOT), tapi benahi juga kekurangan mereka. Selagi mereka membenahi hal itu dari dalam, dari luar kita juga membantu mereka.
JKT48 juga perlu fans yang kritis, fans yang bisa membangun dan membuat JKT48 lebih baik lagi. Karena beberapa fans yang lebih kritis akan membuat JKT48 bisa lebih baik, dan lebih baik lagi. Hal yang negatif pun tidak selalu berakhir negatif juga. Kita harus jatuh dari sepeda ketika pertama kali kita belajar. Kita harus gagal beberapa kali bila kita ingin sukses. Member pun harus berjuang keras bila ingin mencapai mimpinya masing-masing. Dan kita harus bisa jadi fans yang kritis bila ingin JKT48 menjadi lebih baik lagi.
“Anggap kritikan kalian sebagai alat untuk membangun JKT48 menjadi lebih baik lagi. Ga akan pernah tercipta sebuah hutan kalau ga ada angin serta badai yang membawa benih-benih tumbuhan menyebar yang membuatnya menjadi rindang”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar