Home

Rabu, 10 April 2013

Social Media Monitoring, Iseng Ngeliat Pengaruh Twitter Di Dunia Idoling


Gue sih nggak tau ini nyambung sama JKT48 atau nggak. Tapi yang gue tau, hampir mayoritas fans JKT48, entah itu yang ada di Jakarta atau di luar Jakarta memanfaatkansocial media sebagai salah satu cara buat memenuhi hasrat mereka di dunia idoling. Salah satu media jejaring sosial yang paling berpengaruh di kalangan fans JKT48 saat ini adalah twitter. Karena gue penasaran, gue mencoba buat mencari tokoh-tokoh akun twitter yang sangat berpengaruh di kalangan fans JKT48. Yaa…. anggep aja gue lagi bikin riset, nama risetnya adalah “Social Media Monitoring“. 
Sebenernya antara penting nggak penting juga sih tulisan ini. Apalagi buat lu yang nggak suka sama mainan yang berkaitan dengan social media, atau lebih detil lagi tentang social media monitoring. Kalo lo emang ngerasa nggak suka sama hal-hal yang berkaitan dengan social media monitoring, mending lu langsung close tulisan ini. Hehehe….
Gue sedikit merasa penasaran dan ngebet banget pengen melakukan riset sejenis social media monitoring di kalangan akun twitter para fans JKT48, beberapa diantaranya karena cuplikan obrolan gue sama salah seorang temen yang ternyata dia adalah agen. Eits! Jangan salah dulu, dia adalah salah satu karyawan yang kerja di digital agency. Dan uniknya, dia ternyata juga fans JKT48. Dari dia juga gue belajar banyak soal ini.
Em….nggak cuma itu sih. Kalo nggak salah, JKT48 juga ada hubungannya sama perusahaan agensi periklanan yang lagi hits di dunia. Yap! Dentsu media group. Gue pengen tau, apakah powernya Dentsu media group ini berpengaruh juga di dunia per twitteran JKT48. :)
Selain itu, hasil social media monitoring yang gue lakukan ini juga bisa jadi patokan buat lu semua yang pengen follow akun yang “terpercaya”. Atau seenggaknya, dengan social media monitoring ini, bisa jadi gambaran buat lu apakah lu perlu follow dia atau nggak. Hehehe….
Oiya, gue nggak secanggih pelaku di agency periklanan kok. Ya..maklum. Belom sarjana. Jadi gue pake bantuan salah satu tools buat melakukan social media monitoring di kalangan akun twitter yang berkaitan dengan fans JKT48. Tools yang gue pake namanya Klout. Lu coba aja search di google tentang apa itu klout dan fungsinya sebagai Social Media Monitoring Tools, terutama twitter. Intinya, klout membantu gue buat tau seberapa pengaruh sebuah akun twitter terhadap para followersnya. Itu aja sih. Hehehe…..
Karena akun fanbase dan para “tokoh” fans JKT48 di twitter ini sangat banyak, maka gue cukup ngambil beberapa sampel yang menurut gue layak dan berhubungan. Alesan gue pake sampel ini buat dijadiin bahan social media monitoring di kalangan fans JKT48 yang pertama tentu karena Jumlah followersnya, terus juga sering nongol di TL gue, dan sering jadi bahan pembicaraan fans lain.
Gue ngambil beberapa akun twitter sampel yang gue monitor. Akunnya apa aja? Dan hasil social media monitoring yang gue lakuin gimana? Coba intip ini:
1. Social Media Monitoring @OfficialJKT48
OfficialJKT48 Social Media Monitoring
Dari hasil social media monitoring yang gue lakuin, ternyata akun OfficialJKT48punya klout yang relatif lebih tinggi diantara akun twitter yang berhubungan langsung dengan JKT48. Ini tandanya apa? Berarti diantara akun lainnya, akun ini relatif punya followers yang “loyal” dan kuat di kalangan fans lain. Karena setiap tweet dari Official JKT48, pasti followersnya akan lebih mudah buat ngretweet atau ngasih tanggepan. Nggak cuma itu, klout OfficialJKT48 bisa tinggi juga disebabkan karena followers akun itu juga punya klout yang tinggi! Nggak percaya? Cek aja klout member. Itu baru member, belum akun official stasiun TV atau akun lain yang punya followers loyal dan royal buat ngretweet juga.  
2 & 3. Social Media Monitoring @MelodyJKT48 & @NabilahJKT48
Social Media Monitoring Melody JKT48
Social Media Monitoring NabilahJKT48
Nah! Setelah gue liat-liat, telusuri, dan cermati baik-baik, ada 2 akun member yang punya klout relatif tinggi. Sebenernya jumlah klout antar member nggak beda jauh. Tapi yang relatif tinggi ada dua, yaitu Melody dan Nabilah. Hm….
Mau gimana lagi? Nggak bisa dipungkiri, sejak pertama JKT48 dirilis, Melody dan Nabilah jadi salah satu icon JKT48. Jadi, nggak heran kalo tingkat pengaruhnya di media sosial juga relatif tinggi. Itu kalo dari hasil social media monitoring yang gue lakuin lho ya! :)
4 & 5 Social Media Monitoring @JKT48FC & @JKT48Org
Social Media Monitoring JKT48 Fans Club
Social Media Monitoring JKT48org
Pertama kali gue kenal JKT48, selain follow akun official dan member, gue pertama-tama juga follow akun “fanbase” yang ada di twitter. Pada saat itu belom begitu banyak akun fanbase yang bertebaran, dan dengan mudahnya gue bisa menemukan dua akun fanbase yang nggak ada keterikatan dengan member tertentu. Sebenernya ada lebih dari dua, tapi gue ambil dua terbesar. Dan kalo nggak salah inget, dua akun ini juga pernah difollow sama Official JKT48 dan beberapa member. Tapi entahlah kalo sekarang.
Kalo dari hasil social media monitoring yang gue lakukan, klout JKT48FC relatif lebih tinggi dibanding akun JKT48Org. Em….mungkin sih ya, karena beberapa bulan belakangan rasio tweet JKT48Org relatif rendah. Sederhananya, JKT48Org lagi jarang ngetweet. Hehehe….
6 & 7. Social Media Monitoring @Nabilaholic_INA & @GhaidaJKT48FansClub
Em….Biar berimbang, gue juga coba analisis dua akun fanbase yang spesifik. Maksudnya, akun ini mengatasnamakan fanbase yang mendukung salah satu member di JKT48. Dua akun yang gue jadikan sampel di social media monitoring kali ini adalah akun @Nabilaholic_INA dan akun @GhaidaJKT48FansClub. Dua akun ini followersnya relatif tinggi dan aktif ngasih penjelasan ke fans.
Social Media Monitoring Nabilaholic
Social Media Monitoring GhaidaJKT48 Fans
Dari hasil social media monitoring terhadap dua akun fanbase member, bisa diliat kan mana yang lebih punya follower loyal dan royal? Em…intinya lebih punya pengaruh.
So? How Social Media Are You?
Jir! Bahasa gue lama-lama lebay. Udah kayak bahasa pengamat politik yang sering nongol di TV. Hehe….
Lu sendiri juga bisa ngecek seberapa besar tingkat pengaruh lo di sosial media kok. Tapi yang jelas, dari sini gue cuma mau ngasih tau, Klout dalam sistem social mediamonitoring yang dijalankan sebenernya nggak menempatkan jumlah followers sebagai indikator utama dalam analisis monitoring. Jadi lebih ditekankan pada seberapa respek follower kita terhadap tweet yang kitalakukan. Nah, sederhananya gini, percuma punya follower banyak tapi follower kita nggak aktif. Mending punya follower dikit tapi aktif. Seenggaknya mereka mau meretweet twit kita tanpa dipaksa dengan cara bikin twit yang bermanfaat. Eyatapi kalo bisa sih punya follower banyak tapi aktif. Tapi mau nggak mau, itu nggak bisa dilakukan secara instan. Semua pasti butuh proses.
Semoga tulisan social media monitoring gue yang carut marut, dan mungkin nggak berguna buat kalian ini cukup ngasih gambaran tentang akun twitter di dunia peridolan di tanah air. Makasih yang udah nyimak tulisan social media monitoring yang gue bikin sampe selesai. Kalo emang ngerasa bermanfaat, silakan dishare. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar