Home

Rabu, 10 April 2013

JKT48 dalam berbagai pandangan


    Kali ini gw pengen ngebahas sedikit tentang pandangan JKT48 di mata para fans dan di mata orang-orang biasa atau bukan fans. Pandangan seseorang terhadap seorang entertainer memang berbeda-beda. Entah itu artis sinetron, penyanyi atau bahkan sebuah Idol Group seperti JKT48. Pandangan yang berbeda inilah yang kadang menimbulkan gesekan-gesekan antara fans dan non-fans, tapi apakah gesekan tersebut perlu terjadi? Menurut gw sih enggak, Manusia itu berbeda, apalagi kalo udah membicarakan masalah selera musik. Sampe ujung dunia juga tidak akan pernah menemukan titik pencerahan.
          Oke,dari segi nama JKT48 dulu. Untuk fans JKT48 dibaca dengan spelling atau pengucapan Inggris tetapi untuk yg bukan fans selalu akan membaca dengan spelling huruf Indonesia dan angka 48 di baca “empat delapan” bukan “forty eight”. Bahkan dari angka 48 itu sendiri menimbulkan perbedaan,untuk fans angka 48 berarti inisial dari investor pertama 48 family yaitu Shiba Kitaro (shi=4 , ba=8) dan untuk yang bukan fans 48 selalu diartikan jumlah dari anggota JKT48. Sebenarnya hal ini yang harus diluruskan,jumlah anggota 48 family berjumlah lebih dari 48 tapi apalah daya,jika fans memberi penjelasan pun beberapa orang tidak peduli padahal fans tersebut sudah menjelaskan dengan ikhlas dan mudah di pahami.
          Yang kedua dari segi konsep. Konsep yang di usung oleh JKT48 adalah Idol Group dan semua fans sudah tau itu,tetapi masih banyak teman-teman kita yang bukan fans menganggap bahwa JKT48 itu girlband.
Emang ada perbedaan ya?
Dari artikel-artikel yg gw baca di blog-blog lain sih menuliskan bahwa girlband atau boyband di jepang disebut dengan idol group,jadi gk ada bedanya kalo di jepang.
Tapi kan idol group tumbuh bersama fans dan ada konsep akademik sementara girlband / boyband itu menawarkan produk bukan proses kayak idol group.
Nah dari artikel yg gw baca juga berkata bahwa konsep akademik dan graduated yg di usung 48 family atau idol group lainnya di Jepang cuma bagian dari gebrakan baru atau konsep yang di buat sama management untuk menarik perhatian warga Jepang. Bukan berarti bahwa idol group itu selalu bernuansakan seperti 48 family,tapi itu di Jepang.
Jadi intinya JKT48 itu idol group atau Girlband?
Dari apa yang gw,gw mau beropini bahwa sebenarnya 48 family di luar Jepang di sebut Girlband itu sah-sah saja,idol group itu hanya sebutan di Jepang. Karena dari beberapa postingan blog-blog yg gw baca berkata bahwa konsep “setengah matang” , “tumbuh bersama fans” dan “idol you can meet” itu hanya sebuah konsep dari management untuk menarik warga agar menyukai group yang baru terbentuk itu. Jadi bukan berarti ketika ada sekumpulan wanita yg berkumpul lalu memakai konsep seperti 48 family selalu di anggap idol group,tapi kalau di Jepang pasti akan di panggil idol group sedangkan jika di bentuk di Amerika atau mungkin Korea masih bisa di panggil girlband.
Jadi lo setuju kalo JKT48 di samakan kayak girlband/boyband itu?
Kalo ditanya kayak gitu gw pasti jawab gk setuju. Sudah jelas-jelas mereka punya konsep yang berbeda jadi ya memang tidak bisa di samakan. Tapi untuk diri gw pribadi gw lebih suka JKT48 itu di sebut idol group karena girlband di Indonesia sudah terlalu mainstream. Gw juga mengakui bahwa konsep yg di bawa oleh JKT48 sangat berbeda dan merupakan warna baru di Indonesia,hal itu juga sudah bisa menghipnotis diri gw pribadi yg bisa di bilang fans baru karena kalo boleh curhat gw baru ngefans sama JKT48 sekitar November akhir / Desember awal tahun 2012.
          Tunggu dulu,kayaknya gw kebanyakan bahas tentang idol group sama girlband ya? Bukan bahas perbedaan JKT48 di mata fans dan non-fans. Tapi memang yg paling diperdebatkan di kalangan teman-teman kita yg fans dan dengan yg bukan fans selalu tentang masalah idol group dan girlband. Gw sendiri gk bisa memberikan ilmu tentang kedua hal itu,yg bisa gw lakukan Cuma men-share opini gw yg gw dapet dari membaca postingan-postingan di blog-blog fanbase yg sudah menjamur.
          Oke,yang ketiga yg mau gw sedikit bandingin itu pandangan orang umum yang selalu entah mungkin bisa di bilang sedikit aneh ketika fans JKT48 di dominasi oleh seorang pria sementara fans girlband lainnya tetap di dominasi oleh wanita. Kalau boleh jujur girlband lain anggotanya ada juga yg gk kalah cantik dari member JKT48 jadi kalo yg di buat alesan itu karena alesan wajah atau faktor face sedikit kurang tepat. Tapi kalo menurut pendapat gw yg sejatinya pria tulen,pria itu lebih suka sama sesuatu yg tidak umum,sesuatu yg tidak mainstream,sesuatu yg out of the box dan JKT48 hadir dengan konsep berbeda.
          Yah mungkin cuma itu opini yg bisa gw share sebagai fans pemula yg baru pertama kali menemukan sebuah group yg berbeda dari yg lain yaitu JKT48. Apapun pendapat orang luar sana kita sebagai fans harus tetap semangat dan tidak boleh lelah dalam mendukung idola kita dn mendukung oshi kita masing-masing,dan juga sebagai fans yang pintar kita harus selalu keep calm dalam menghadapi teman-teman kita yg bukan fans JKT48 dan mungkin beberapa dari mereka sedikit menghina dan meragukan JKT48.
Keep Calm and Always Support Our Idol , JKT48 !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar