Home

Kamis, 11 April 2013

Idoling Itu Mahal, Tapi….


Gue pernah ngitung, biaya gue ngidol dari awal sampe akhir. Itungan kasarannya, kalo dalam sebulan gue nonton teater 2 kali, dari mei-oktober, berarti udah abis 600 ribu. Itu kalo cuma nonton 2 kali. Kalo tiap bulan gue beli 1 pack potopack, berarti udah abis 300 ribu selama 6 bulan. Kalo gue beli swag lainnya, misalnya 1 kaos aja, harganya 85 ribuan. Lighstick, ambil rata aja 100 ribuan. Jadi kalo ditotal selama 6 bulan gue udah abis duit lebih dari 1 juta rupiah. Kalo dirata-rata, per bulan gue abis sekitar 200 ribuan.


Itu baru itung-itungan kasarannya lho ya! Belum lagi kalo misalnya ngelive di luar teater, beli swag lebih, terus biaya transport, biaya makan, biaya hidup di Jakarta buat yang dari luar jakarta, akomodasi. Ah…banyak banget. Gue pernah ngobrol sama salah satu temen gue, bukan temen juga sih. Masa iya gue temenan sama em… #nomention deh. Ya intinya temen gue bilang gini,”Gila ya! Udah nggak logis sih menurut gue!”

Waktu itu gue masih mikir, sebelah mananya yang nggak logis. Tapi sebagai orang yang pernah belajar dari TK sampe SMA, dan kuliah di jurusan ekonomi (yang mempelajari teori kapitalisme dan neoliberalisme) rasanya ketidaklogisan ini memang semakin menonjol.

Bukti ketidaklogisan yang gue maksud misalnya adalah proses idoling yang ‘harga’nya semakin lama semakin melambung. Kalo teori supply & demand klasik yang pernah gue pelajari, semakin banyak permintaan, supply terbatas, maka harga otomatis akan semakin meningkat. Nah, mungkin ini yang terjadi pada salah satu bagian dari idoling yang bakal rame tiap ada peluncuran photopack baru. Maaf nih, kan udah gue bilang, kalo nggak kuat sama tulisan blak-blakan, mending diclose aja page ini. hehehe….

Kenapa gue ngambil contoh idoling yang nggak logis bisa keliatan pas ada photopack baru? Let’s see! Harga 1 pack photopack yang dijual official normalnya adalah sebesar 50 ribuan. Dulu awal-awal sih kalo nggak salah pernah dijual 40 ribuan. Oke, setelah photopack jatuh ke tangan para pembeli, muncullah fenomena trading. Gue nggak tau kapan pertama kali istilah trading itu muncul. Tapi yang gue tau sih trading itu normalnya photopack A dituker sama photopack B. Tanpa ada embel-embel apa-apa, apalagi duit. Tapi…

Fakta yang gue tau adalah, dari waktu ke waktu, trading photopack semakin ‘tidak logis’. Ketidaklogisan ini berkembang ketika trading photopack berkembang jadi proses jual beli photopack.

Nah, that’s the problem.

Apakah jual beli photopack itu salah? Bener? Dosa? Haram? Apa halal?

Sebelumnya gue mau cerita dulu. True story. Dari temen gue, temen idoling, yang ngeracunin gue sama dunia idoling juga. Hahaha….
Kejadian ini dialaminya ketika dia beli OGB di teater. Dan kebetulan, waktu itu dia dapet bonus foto salah satu member. Karena bukan oshinya, dan dia nggak berniat buat koleksi photopack gituan, dia share itu ke twitter, ya bahasa simpelnya dia mau ngelelang. baru beberapa jam lelang, ada penawaran mencapai lebih dari 100 ribu. Terus dia cerita ke gue. Intinya dia kaget. Bahkan ke arah panik, soalnya harganya kok bisa lebih dari di atas ekspektasinya. Dan itu bid belum ditutup.

Dia makin panik ketika ada penawaran photo di atas 200 ribu.

“Buset!” Gue bilang gitu.

Dia makin panik, dan minta saran. Apa harga bakal diturunin, apa gimana. Kalo harga diturunin, yang nge-bid di atas 200 ribu udah banyak.
Akhirnya gue nyeletuk, entah malaikat apa yang bisikin gue,”Yaudah, mending gini aja. Lu tetep ambil harga bid tertinggi. Kan udah terlanjur dilelang. Tapi ntar duitnya lu ambil secukupnya, terus lu sumbangin ke mesjid.”

Deal!

Oke, dari true story temen gue yang satu itu, bisa diambil hikmahnya kurang lebih gini, ternyata banyak juga orang yang ‘mau bayar’ swag dengan harga jauh di atas harga normal. Kok bisa? Ya mungkin karena mereka emang punya duit.

Terus kalo dihubungin ke jual beli photopack gimana?

Salah kah?

Gue sebagai orang yang 4 tahun dicekoki teori kapitalisme, gue rasa nggak salah. Selama ada permintaan dari ‘konsumen’ mana ada penjual yang nolak. Apalagi kalo ada harga tinggi.

Tapi balik lagi ke omongan temen gue yang awal. LOGIS?

Logis tidaknya itu sebenernya balik lagi ke konsumen itu sendiri. Kenapa? Penjual nggak bakalan ngasih harga tinggi kalo nggak ada yang mau beli segitu. Konsumen yang cerdas harusnya tau harga dasarnya itu berapa. Kalo ada photopack harga 50 ribu isi 5, berarti normalnya selembar 10 ribu. Nah, kalo ditambah ongkos antri dll, paling abis 30 ribu. Jadi selembar photopack normal kalo dijual di ‘reseller’ ya paling mahal harusnya sih 40 ribu.

“Tapi kan ini limited, Bro!” Ya, di teori kapitalisme, atau bahkan neoliberalis, barang limited harganya bisa diluar ekspektasi. Misalnya, mobil lamborghini cuma diproduksi 5 biji. Nah, apa iya harganya bakal cuma 1 milyar? pasti bakal ada yang nawar 100 miliar. bahkan bisa jadi lebih dari itu. Tergantung berapa 5 harga tertinggi dari mobil itu.

Tapi balik lagi ini tergantung ke perilaku konsumennya. Kalo konsumen punya ‘power’ buat nahan harga biar kenaikannya masih normal dan logis, setidaknya para penjual photopack juga bakal mikir ulang seberapa besar kenaikan harga yang bakal dibuat.

“Idoling itu memang ‘mahal’. Makannya, percuma kalo duit, tenaga, dan semua materi yang kita keluarkan tapi kita nggak bisa dapet pelajaran berharga dari idoling itu sendiri.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar