Home

Rabu, 10 April 2013

Fanbase Minta Promote, Haram?


Buat yang nggak kuat baca tulisan nyinyir, terutama admin fanbase “fiktif” yang hobinya minta promote dan follow back, mending langsung tutup aja posting ini.
Berawal dari api-api kecil, lama-lama besar juga. Bukannya anti sama fanbase baru, tapi perlu diingat, twitter adalah media bebas, pun juga internet. Semuanya bebas bikin fanbase di twitter, tapi semuanya juga bebas berkomentar, termasuk kritik buat fanbase di twitter. :)
Berawal juga dari banyaknya “Permintaan promote” dan “Permintaan follow balik (Folbek)”, ada yang aneh dari dunia peridolan di Indonesia. Sebelum ada JKT48, tepatnya sebelum JKT48 makin terkenal, adegan dan tragedi minta folbek dan minta promote sangat minim. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak akun twitter entah itu fanbase, parodi, dan lain-lain yang secara “blak-blakan” dan “tidak sopan” minta follow dan promote. Kenapa blak-blakan? Karena ibarat mereka masuk ke rumah orang, mereka main nyelonong aja. Nggak pake permisi, nggak memperkenalkan diri. Kenapa nggak sopan? Karena mereka minta follow langsung gitu aja. Ibarat sama orang yang baru kenal, harusnya mereka kenalan dulu, atau bahasa lugasnya dibaik-baikin dulu sebelum minta di follow balik atau dipromote. tapi faktanya?
Kalo di dunia nyata, ada orang yang baru ketemu, terus tiba-tiba aja minta duit, apa iya kita mau ngasih? Okelah, kalau duit mungkin beda. Kalo tiba-tiba pas kita ketemu dijalan, terus ada orang yang nggak dikenal terus minta dikenalin ke keluarga kita, atau pacar, atau teman kita, apa iya kita langsung mau gitu aja?
Yap! Begitu pun di twitter. Followers adalah teman. Mereka follow kita dengan tujuan untuk dapet informasi. Nge-promote pun juga ngasih info penting ke follower. Apa iya kita rela ngasih follower yang jadi teman kita info tentang sesuatu yang useless? :)
Kalo syarat ngesupport member harus follow semua fenbes, mending pensiun dah dari dunia idoling.
Kalo ngasih kritik tanpa saran buat perbaikan, sama aja sampahnya. Terus gimana dong biar fanbase punya banyak follower? Kalo nggak minta “promote” terus gimana? Cuma ngingetin (LAGI) aja, buat para admin fenbes, fenbes itu kan basis. LOGIKAnya, nggak usah minta promote juga bakal difollow. :) Fanbase : Fan + Base. Artinya basis fans. Kalo cuma 1 atau 2 orang, ya bukan fanbase. Kalo menurut Tata bahasa sih gitu. :)
Jadi, harusnya sebelum bikin akun twitter, sebuah fanbase ada dulu wujud nyatanya. Nggak serta merta orang bikin akun twitter ngaku fanbase terus minta massa di dunia maya. Nggak mustahil sih. Tapi memutar balikkan sesuatu itu nggak baik. Coba aja elu pake celana jeans dulu, baru celana dalem. Kalo bukan superman, mungkin lu bakal dicap sebagai orang gila. Hehehe….
Kalau emang harus secara terpaksa minta promote, apakah Minta promote haram? Nggak juga. Tapi lama-lama bisa makruh kalo yang diminta ngerasa keganggu. Misal, kita lagi jalan santai, tiba-tiba ada orang yang nggak dikenal yang negor kita di jalan, terus minta dikenalin ke teman kita. Apakah kita nggak ngerasa terganggu?
Cobalah minta promote dengan elegan.
Cara minta promote yang elegan? Coba aja mention foto jepretan sendiri, tulisan, atau fanart. Kalo menarik pasti bakal diretweet. :) Percuma fenbes (di twitter) followersnya banyak tapi aktivitasnya minim. Mending punya follower 100, tapi aktivitasnya jelas. :)
Kalo mau punya followers banyak tapi nggak mau repot, mending pake aplikasi “follower adder” atau “twiends”. Sehari bisa 1000 followers. :) Tapi percuma juga, punya followers banyak tapi minim interaksi. Nggak ada yang kenal. Sama aja ngebohongin diri sendiri. :)
Selamat buat yang udah bisa baca tulisan ini sampai selesai. Apalagi buat kalian yang jadi admin twitter “fanbase”. Semoga bisa jadi bahan instropeksi. Di dunia idoling, bikin fanbase “fiktif” di twitter bukan satu-satunya jalan buat support oshi. Kalo cuma mau terkenal, mending pake akun yang tidak mengatasnamakan fanbase. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar