Home

Rabu, 10 April 2013

Graduate Member JKT48 oh Graduate Member JKT48


Ummmm…… Member JKT48 Graduate Lagi. Lagi-lagi member JKT48 Graduate.
*ngulet dulu! Baru keluar dari goa. Bukan bertapa sih. Cuma lagi pengen menyingkir dari dunia idoling buat sementara. Soalnya gue merasa kadar idoling yang gue alami sudah terlalu berlebihan. Atau istilah kerennya overoshis. >.<. Jadi dalam waktu beberapa hari gue memutuskan untuk minggir dulu dari dunia idoling. Sesuatu yang berlebihan kan belum tentu bisa berdampak baik bagi tubuh kita. Muehehe….
Sebenernya sempet kepikiran juga sih mau graduate sekalian dari dunia idoling. Mengingat banyak kerjaan yang harus dikerjain selama berhari-hari, gebetan menuntut waktu lebih buat ketemuan, belum lagi tugas-tugas kuliah yang numpuk. *uhuk. Yaa… graduate kan istilah aja. Maknanya bisa lulus, cabut, atau menghilang dari sebuah lingkungan. Emang idol doang yang boleh graduate? Harus ada kesetaraan antara fans dan idola, makannya fans sebenernya juga bisa graduate. Tapi kalo dipikir-pikir lagi, akhirnya gue nggak jadi meng-graduate-kan diri. Gue butuh waktu menyendiri buat menenangkan pikiran. Setelah pikiran gue stabil, gue bisa memainkan hobi gue kembali, idoling! Yeay! *eh, paragraf ini bukan buat nyindir lho ya! :3
Ngomongin soal graduate, ada fenomena menarik yang menurut gue layak buat dibahas di tulisan gue yang sekarang. Ya mungkin udah banyak yang sadar sih. Apa mungkin gue aja yang lebay? hehe….
Graduate yang gue mau bahas gue fokusin aja ke graduations nya member JKT48 ya! Hehehe…soalnya kalo dipikir-pikir agak lucu proses graduate yang dilakukan semua member yang sudah pamit graduate. SEMUA! Iya! Semua prosesgraduate member JKT48 yang sudah berlangsung prosesnya kompak sama.
Kalo sekali mungkin bisa dimaklumi, dua kali mulai pikir-pikir, dan sekarang ketiga kalinya proses itu berjalan, akhirnya gue lempar gelas juga. Gelas cinta! #eeaa
Sebelum makin ngelantur, gue mau tulis dulu, poin utama proses graduate yang sudah dialami member JKT48 sepertinya berjalan dengan kompak. Kalo nggak salah, ada lima member generasi pertama JKT48 yang sudah memutuskan buatgraduate. Dua diantaranya sudah tenggelam ditelan bumi karena emang nggak sempet buat tampil di teater. Nah, karena nggak sempet tampil, kita anggap saja mereka graduate dengan proses kalah sebelum bertanding. Hehehe….soalnya gue juga nggak familiar sama dua member yang graduate sebelum ada teater JKT48. Jadi sekarang ada tiga orang member pasca teater JKT48 ada. Yang pertama adalahOchi (Neneng Rosediana), Cleo (Cleopatra Djapri), dan Mova (Alissa Galliamova).
Karena gue dikit-dikit juga mengamati dunia sosial media dan gejolak yang ada di dalamnya, gue merasakan ada sebuah skema graduate yang dilakukan secara terstruktur, entah disengaja atau nggak disengaja. Prosesnya kurang lebih gini :
Member ngetweet soal graduate di twitter –> Fans Baca Twit Graduate Member –> Fans ngasih respon kaget –> beberapa menit kemudian member ngasih alesan –> Fans makin kaget –> Terus Member yang graduate ngucapin makasih ke fans –> Fans ngretweet (ada yang screenshoot juga) –> Beberapa menit kemudian, tweet graduationsnya member ilang –> Fans kentang —> Beberapa HARI kemudian, baru ada penjelasan official. n_nv
Sadar nggak model yang gue terangin di atas? Kurang lebih konsep graduate member JKT48 kayak gitu semua kan? Mulai dari Neneng Rosediana, Cleopatra Djapri, dan Alissa Galliamova. Ketiganya bilang graduatepertama kali, dan fans tahu pertama kali lewat TWITTER! Media sosial di dunia maya. Bukan lewat panggung mereka perform, apalagi di hadapan fans secara langsung.
Yang jadi masalah selanjutnya adalah, apakah etis ketika seorang idola pamit buat mundur dari dukungan fans di JKT48 atau idol group atau dunia lainnya dengan proses yang diawali dari “ngetweet di sosial media“? Apakah nggak ada cara yang lebih elegan? Hehehehe….
Coba kalo misalnya member pertama kali bilang graduate di atas panggung. Atau seenggaknya di event tertentu yang prosesnya bukan di dunia maya. Hm….pasti feelnya lebih indah.
Idola tumbuh dan berkembang dari atas panggung, disaksikan oleh fans dari kursi penonton.
Yatapi mungkin karena gue masih nubitol, belum banyak kajian ilmiah soal dunia idoling yang gue pelajari, gue nggak tau juga sih apakah pendapat gue yang ini bener apa nggak. Hehehe…. Graduate member JKT48 oh Graduate Member JKT48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar