Home

Kamis, 11 April 2013

Kebanggaan dan Harga diri idol


Beberapa jam lalu kita semua dikejutkan dengan berita salah satu member sekaligusfrontier AKB48 , Minegishi Minami alias Miichan menyusul berita skandalnya yang menjadi topik di salah satu media di Jepang.
Miichan pun di beri hukuman oleh manajemen AKB48 dengan dipindahkan ke Kenkyuusei , tidak sampai disitu Miichan juga mengejutkan  dengan mencukur botak rambutnya. Sadis , mungkin itulah kesan pertama kita ketika melihat Miichan yang seperti orang terkena kanker menangis meminta maaf di videonya.
Apa yang bisa kita ambil dari kasus Miichan termasuk kasus-kasus member AKB48 lainnya yang terjerat skandal dan sejenisnya ?
Mungkin jawabannya adalah kebanggaan dan harga diri seorang idol. Kualifikasi idol yang begitu tinggi dan rapuh sampai-sampai hanya butuh sebuah foto mereka sedang berada di daerah rumah lawan jenis menjadi klimaksnya.
Menjadi seorang idol yang baik apalagi menjadi yang terbaik diantaranya adalah jalan yang panjang dan memakan proses cukup lama. Dukungan fans adalah hal yang paling utama dalam proses menjadi idol. Sebagai balasannya , sang idol haruslah menjaga perasaan dan menyenangkan fansnya sebagai bentuk hubungan fans dan idol yang selalu beriringan.
Dan ketika esensi tersebut hancur dikarenakan skandal atau perbuatan yang tidak menyenangkan di satu pihak , maka tidak ada jalan lain selain meminta maaf dan memperbaiki hubungan tersebut.
AKB48 hidup dan eksis di negerinya Idol , dimana kultur idol dan fans merupakan hal yang lumrah dan sangat tabu untuk memiliki hubungan dengan lawan jenis yang bsia berujung dengan skandal. Dalam hal ini , kesalahan vital sebagai seorang idol haruslah dibayar dengan harga yang mahal.
Kita sendiri penggemar AKB48 sudah akrab dengan beberapa skandal anggotanya , atau bahkan lebih suka dengan skandalnya. Kita tidak akan melupakan bagaimana Sasshi menjadi seorang tante di HKT48 karena ulahnya , belum lagi Masuda Yuka dengan skandalnya menginap di rumah salah satu artis pria terkenal.
Kebanggaan dan harga diri seorang idol , mungkin itulah yang prinsip yang sangat dipegang teguh oleh Miichan dan idol-idol lain. Miichan yang merupakan salah satu pilar AKB tahu betul dengan apa yang ia lakukan dan harus menanggung akibat dari perbuatannya.
Pelajaran yang sangat bagus untuk diterapkan kepada idol lokal yang sudah meraih kesuksesan di awal karirnya , bahwa untuk sukses mereka butuh usaha keras dan dukungan fans adalah hal yang harus benar-benar dijaga.
Simpati saya untuk Miichan dengan usaha kerasnya dan etos kerja kerasnya , kita jangan sampai melupakan saat Miichan mempromosikan JKT48 ke orang-orang tahun lalu.
Respect Miichan , stay strong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar